Sunday, June 8, 2014

MP3 Kitab Zakat

Zakat secara makna bahasa adalah pertumbuhan (tumbuh dan berkembang), sedangkan secara makna syar’i adalah sebuah kewajiban pada harta tertentu untuk orang-orang tertentu pada waktu-waktu tertentu. Zakat termasuk Rukun (tiang) Islam menunjukan pentingnya zakat. dan Allah selalu menggandengkan antara zakat dengan shalat di dalam Al-Qur an (terhitung ada pada 82 ayat). sehingga ijma’ (sepakat) Ulama akan wajibnya zakat. Secara umum harta tertentu tersebut terbagi 4 (benda):
1. Emas dan Perak dan seluruh Qiasan yang sesuai dengan Emas dan Perak (yang merupakan harga suatu barang, alat barter, termasuk seluruh jenis mata uang)
2. Hewan-Hewan Ternak (Unta, Sapi, kambing dan sejenisnya). Dan tidak ada zakat dizaman Rasulullah صلى الله عليه وسلم pada kuda dan keledai.
3. Pertanian (Kurma dan Gandum, yang sesuai Qiasnya adalah apa-apa yang merupakan Makanan pokok, barang yang selalu disimpan untuk bekal, seperti beras dan jagung)
4. Barang Temuan (Sesuatu yang digali di tanah yang dikeluarkan, seperti hasil tambang)
Yang tidak terikat dengan benda namun terikat dengan pekerjaannya, tapi ada zakatnya adalah Perdagangan. ... detail [...]


Aplikasi Web

No comments:

Post a Comment